Adenium Arabicum Dan Adenium Somalense

Adenium atau di Indonesia dikenal dengan kamboja jepang merupakan tanaman hias yang paling digemari. Selain karena bunga adenium sangat indah dan berwarna-warni, perawatannya pun relatif sangat mudah. Adenium memiliki jenis yang berbeda-beda, masing-masing mempunyai karakter yang berbeda pada bunga, batang, daun, dan akarnya. Di antara macam-macam adenium yang terkenal adalah adenium arabicum dan adenium somalense. Kedua jenis adenium ini merupakan spesies asli dan bukan hasil penyilangan.

Taksonomi dari adenium arabicum ini masih diperselisihkan oleh para ahli botani karena masih sering dianggap sebagai varietas dari adenium obesum. Adenium ini tersebar di Jazirah Arab hingga negeri Yaman. Ciri-ciri fisiknya adalah berbatang besar, diameter bonggol bisa mencapai 1 meter. Daunnya berbulu, lebar, dan besar bila dibandingkan dengan adenium obesum, sosok tanamannya kuat dan kekar, percabangannya banyak dan langsung dari bonggolnya, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 4-5 meter.

Bentuk bunga adenium arabicum hampir sama dengan bunga adenium obesum, hanya saja warnanya merah muda polos sedangkan adenium obesum berwarna merah muda sampai merah tua dan di tengahnya ada warna putihnya. Adenium arabicum masuk ke Indonesia beberapa abad yang lalu bersamaan dengan adenium obesum, setelah mengalami adaptasi dan persilangan kedua adenium ini dikenal dengan kamboja jepang lokal.

Ada dua jenis adenium somalense yaitu adenium somalense var somalense dan adenium somalense var cripsum. Sesuai dengan namanya, tanaman ini berasal dari negeri Somalia dan Tanzania. Kedua jenis adenium ini memiliki cirri daun yang sama yaitu berwarna hijau tua, sempit, meruncing, dan tulang daunnya berwarna putih. Bunga adenium jenis yang pertama berukuran relatif kecil, bentuknya seperti bintang, warnanya merah dan di tengahnya putih atau pink. Bagian corong berwarna kuning atau putih bergaris-garis merah.

Sedangkan untuk jenis yang kedua warna bunganya pink, putih, salem, dan merah darah dengan semburat warna pink. Bagian corong hampir sama dengan adenium somalense var somalense. Perbedaan antara kedua jenis adenium tersebut adalah jenis yang pertama masa pertumbuhannya cepat, batangnya kekar, serta tahan terhadap lingkungan. Sedangkan jenis yang kedua masa pertumbuhannya lambat serta bersosok kecil, percabangannya cenderung merunduk dan lemah. Kedua jenis adenium ini telah disilangkan dengan adenium jenis lain dan telah dihasilkan adenium baru yang cantik dan menarik.

[duniatanaman.com]

Iklan

About LaiLia Berjilbab

Bukanlah aku...

Posted on 2 April 2011, in Perlu Diketahui and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: