Mengatasi Kecanduan Smartphone

wolipop.com – Apakah Anda tidak bisa jauh-jauh dari ponsel atau smartphone semenit saja? Mungkin saja Anda sudah kecanduan smartphone. Kemunculan ponsel pintar seperti Blackberry, Android atau iPhone memang bisa membuat mobilitas jadi lebih mudah, tapi dampak lainnya bisa merugikan. Salah satunya minimnya interaksi sosial dengan orang lain secara langsung.

Menurut Profesor Cary Cooper, pakar psikologi di Lancaster University, Inggris, melihat layar secara konstan membuat Anda menjauh dari orang. Anda tidak berinteraksi dengan dunia nyata. Salah satu penyebabnya, karena pengguna tidak pernah tahu kapan akan mendapat email, SMS atau pesan sehingga mereka terus mengecek ponselnya untuk mencari kesenangan.

“Menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload informasi menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap informasi yang benar-benar diperlukan dan menjadikan Anda kurang mengontrol kehidupan,” ucapnya.

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur kecanduan smartphone? Bagaimana mengatasinya agar bisa ‘kembali’ ke dunia nyata? Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari detikINET.

  1. Kurangi Pemakaian Smartphone Secara Bertahap
    Ponsel dan smartphone tetaplah benda yang sangat berguna sehingga tidak mungkin untuk tidak menggunakannya sama sekali. Bahkan tiba-tiba tidak memakai smartphone dari yang semula kecanduan bisa lebih merusak secara psikologis. Untuk melawan kecanduan, Cooper menyarankan untuk mematikan handset beberapa menit sehari, kemudian lebih lama pada hari-hari berikutnya.
  2. Tahu Tempat Menggunakan Ponsel
    Seseorang harus tahu dan menyadari kapan harus tidak menggunakan ponsel. Seperti saat sedang berkendara, karena bisa memecah konsentrasi dan berujung pada kecelakaan. Atau mungkin pada acara-acara resmi, meeting atau pertemuan penting.
  3. Perbanyak Berbicara Secara Langsung
    Esensi perbincangan di dunia nyata tak dapat digantikan dengan obrolan via ponsel atau berkirim pesan. Bertatap muka memberi lebih banyak pemahaman terhadap apa yang dirasakan lawan bicara dan bagaimana respon yang tepat. Komunikasi dengan banyak melibatkan bahasa tubuh dan hubungan yang nyata tak akan terjadi hanya dengan percakapan via ponsel.
  4. Sering Olahraga
    Banyak-banyaklah berolahraga dan tinggalkan ponsel Anda. Olahraga bisa membuat perasaan senang dan mengobati depresi yang mungkin terjadi akibat penggunaan smartphone yang berlebihan.
  5. Ukurlah Pemakaian Ponsel
    Seorang pengguna ponsel mungkin tidak menyadari betapa banyak waktu yang mereka pakai untuk menggunakannya dan apa saja yang telah mereka lewatkan. Padahal momen terbaik terjadi di dunia nyata, seperti serunya berbincang-bincang bersama orang-orang terdekat.
  6. Gunakan dengan bijaksana
    Ponsel tidak dapat dibantah bermanfaat bagi kehidupan. Misalnya, banyak aplikasi yang berguna untuk membantu hidup lebih baik atau sebagai sarana berkomunikasi dengan rekan yang jauh. Tapi menurut Cooper, alangkah baiknya untuk menggunakan ponsel dengan bijaksana sampai dalam taraf tidak mengganggu kehidupan sosial pengguna.

About LaiLia Berjilbab

Bukanlah aku...

Posted on 3 April 2012, in Tips & Trik and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: