Segelas alkohol tingkatkan risiko kanker payudara

merdeka.com – Pada penelitian sebelumnya, wanita yang mengonsumsi alkohol setiap hari bisa menurunkan risiko serangan stroke dan membuatnya semakin sehat. Namun studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Alcohol and Alcoholism menunjukkan bahwa meminum alkohol sehari sekali malah meningkatkan risiko kanker payudara. Bagaimana bisa?

Studi yang melibatkan para wanita di negara Jerman, Perancis dan Italia ini fokus pada kebiasaan minum alkohol setiap hari yang mereka lakukan. Minum alkohol di sini berarti mengonsumsi 10 sampai 12 gram ethanol yang terkandung dalam segelas red wine atau bir.

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa konsumsi harian alkohol meningkatkan kasus kanker payudara sebesar 5% di daerah Eropa Utara dan Amerika Utara. Risiko bertambah sebanyak 10% pada negara yang menganjurkan warganya untuk minum alkohol, seperti Italia dan Perancis.

Menurut para ahli dari HealthDay, alkohol mampu meningkatkan hormon estrogen berlebih yang kemudian memicu kanker payudara. Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa estrogen memiliki hubungan yang erat dengan kandungan yang terdapat pada alkohol.

“Karena tidak ada batasan yang jelas tentang berapa banyak ethanol yang memicu risiko kanker payudara, maka payudara menjadi organ paling sensitif bagi peminum alkohol. Wanita yang sehat sebaiknya tidak minum alkohol lebih dari sekali dalam sehari,” tutur salah seorang peneliti dari University of Heidelberg di Jerman, Dr. Helmut Seitz, seperti yang dikutip dari CBS News

About LaiLia Berjilbab

Bukanlah aku...

Posted on 8 April 2012, in Perlu Diketahui and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: