Jangan Remehkan Sabuk Pengaman (Safety Belt)


ditlantaspoldasultra.com – Ketika berkendara sebagian orang paling malas ketika memasang sabuk pengaman. merasa terkekang, itulah mungkin alasan mereka. padahal banyak kejadian membuktikan sabuk pengaman sangat berguna ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.
Ya, kehadiran dan fungsi dari sabuk pengaman memang sering diremehkan sehingga memberi kesan bahwa sabuk pengaman sebagai bagian dari interior mobil semata dan tidak memerlukan perawatan khusus, bahkan kadang pemilik kendaraan tidak menggubris ketika sabuk pengaman tidak berfungsi lagi dengan sempurna, padahal nyawa menjadi taruhannya.

Oleh sebab itu, segera perbaiki atau ganti sabuk pengaman anda dengan yang baru bila rusak. sementara untuk menjaga sabuk pengaman agar tahan lama perawatan khusus perlu dilakukan secara rutin, caranya sangat mudah dan sederhana sehingga anda pun dapat mengerjakannya sendiri.

Sebelum memulai perawatan, siapkanlah sikat gigi, lap bersih yang memiliki daya serap baik dan sabun cair. bila tidak meiliki sabun cair khusus untuk interior, anda dapat menggantinya dengan sabun cuci tangan cair. campurlah sabun cair dengan air secukupnya, setelah itu sikatlah permukaan sabuk menggunakan sikat gigi. langsung keringkan bagian yang telah disikat dengan lap kering agar kotoran yang tercampur dengan air sabun tidak menyerap kesabuk.
Jika permukaan sabuk telah selesai dibersihkan, beralihlah ke cover pilar dan mekanisme sabuk pengaman. bersihkan dahulu kedua bagian tersebut, lalu cobalah menariknya. pastikan bahwa semua bagian dapat berfungsi dengan baik sabuk pengaman yang baik adalah yang tidak membatasi gerakan tapi dapat mengunci atau menahan tubuh ketika terjadi gerakan tiba-tiba seperti tikungan atau rem mendadak bila komponen kunci sabuk pengaman tidak berfungsi berarti sudah saatnya anda menggantinya dengan yang baru.

Jika harus membeli sabuk pengaman, carilah yang berbahan empuk sehingga nyaman digunakan. bagi ibu hamil, juga tersedia sabuk pengaman khusus yang tidak berbahaya bagi perut sang ibu, disebut maternity seatbelt (MSB) sabuk pengaman baik yang mahal ataupun murah dan apapun bentuknya, sama saja fungsinya yaitu untuk melindungi pemakainya. Berkendaralah dengan aman gunakan sabuk pengaman yang baik dan benar.

About LaiLia Berjilbab

Bukanlah aku...

Posted on 23 Mei 2012, in Perlu Diketahui and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Betul sekali, Non. Jangan sekali2 meremehkan sabuk pengaman. Perlengkapan kendaraan itu dirancang untuk keselamatan berkendara. Namun, masih banyak orang yang enggan menggunakannya.
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: